Mamfaat Teknologi Informasi Bagi Guru Bahasa Inggris



Mamfaat Teknologi Informasi Bagi Guru Bahasa Inggris
1.      Pengertian Teknologi Informasi.
Teknologi informasi (Information Technology) biasa disingkat TI, IT atau infotech. Dalam Oxford English Dictionary (OED2) edisi ke-2 mendefenisikan teknologi informasi adalah hardware dan software, dan bisa termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalam konteks bisnis atau usaha. Menurut Haag dan Keen (1996), Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi. Menurut Martin (1999), Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi computer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim informasi. Sementara Williams dan Sawyer (2003), mengungkapkan bahwa teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.
Dari defenisi di atas, nampak bahwa Dari defenisi di atas, nampak bahwa teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer, tetapi juga termasuk teknologi telekomunikasi. Dengan kata lain bahwa teknologi informasi merupakan hasil konvergensi antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi.
2.      Mamfaat TI bagi Guru Bahasa Inggris
Dalam dunia pembelajaran secara umum TI mempunyai mamfaat yang sangat besar. Seiring dengan perkembangan kurikulum 2013 yang memusatkan pembelajaran kepada siswa (student center). Peran dan mamfaat TI merupakan penopang utama dalam pembelajaran. bila dimanfaatkan dengan baik dan tepat guna, maka TIK memiliki potensi untuk memperluas akses pendidikan (expanding access), meningkatkan efisiensi (promoting efficiency), memperbaiki kualitas belajar dan meningkatkan kualitas pengajaran (improving the quality of learning and enhancing the quality of teaching), serta memperbaiki sistem pengelolaan dan administrasi pendidikan (improving management system).
Dalam pembelajaran bahasa inggris TI memiliki banyak mamfaat diantaranya:

·         First, these tools can enable students to simulate, visualize, model, and experiment with complex, real-world scientific problems, thus promoting exploratory and inquiry-based modes of learning. Make easier for teacher to presentation about learning material.
·         Second, information technology and within this broader designation, educational, instructional, or learning technologies, as applicable can enable collaboration, interactive learning, and new pedagogical approaches that can lead to changes in the way students and faculty interact. Make easier to apply teaching method, teaching model in English lesson.
·         Third, the rapid pace of change in information technology is increasingly impacting the creation, publication, and dissemination of educational materials. Helping the student to develop their creation such as, make a video Role Playing in English and upload on youtube. So they can correct each other on internet.
·         Fourth, the use of information technology can, if it is made a high priority, increase access to high quality education.
·         Fifth, information technology can facilitate connections across disciplinary, institutional, geographical, and cultural boundaries.
·         Sixth, the program software like dictionary digital can provide the student to practice the pronunciation as well as native speaker.
·         Seventh, Make easier the teacher to develop the material such as, make a presentation software with the best display to encourage their motivation when the activity teaching and learning.
Dari beberapa mamfat diatas dapat disimpulkan bahwa TI khususnya dalam pembelajaran bahasa inggris mempunyai dampak yang sangat besar dalam proses kegiatan pembelajaran, seperti berpengaruh terhadap motivasi siswa, hasil belajar siswa dan yang paling terpenting dalam pelajaran bahasa inggris adalah menciptakan lingkungan (environment) berbahasa inggris sesuai dengan tujuan dan cita-cita kurikulum 2013.

REFERENCES:
1.      Journal Workshop: Information Technology: Its Impact on Undergraduate Education in Science, Mathematics, Engineering, and Technology. NATIONAL SCIENCE FOUNDATION NSF 98-82
2.      Journal Information Technology, Internet and You. Copyright © 2004 by The McGraw-Hill Companies, Inc. All rights reserved
3.    http://faisalakib.net/
4.    http://download.faisalakib.net/
5.      http://teknik-informatika.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Digitizer (Input Device)

Model Desain Pembelajaran Addie

Salon Computer Maintanance