JAWABAN UTS TEKNOLOGI INFORMASI
JAWABAN
UTS NO 1
PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI
IT (information technology) is a
term that encompasses all forms of technology used to create, store, exchange,
and use information in its various forms (business data, voice
conversations, still images, motion pictures, multimedia presentations, and
other forms, including those not yet conceived). It's a convenient term for
including both telephony and computer technology in the same word. It is the
technology that is driving what has often been called "the information
revolution."
Teknologi informasi (Information
Technology) biasa disingkat TI, IT atau infotech. Dalam Oxford English Dictionary
(OED2) edisi ke-2 mendefenisikan teknologi informasi adalah hardware dan
software, dan bisa termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang
biasanya dalam konteks bisnis atau usaha. Menurut Haag dan Keen (1996),
Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan
informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
Menurut Martin (1999), Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi computer
(perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan
menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk
mengirim informasi. Sementara Williams dan Sawyer (2003), mengungkapkan bahwa
teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer)
dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.
Dari defenisi di atas, nampak bahwa
Dari defenisi di atas, nampak bahwa teknologi informasi tidak hanya terbatas
pada teknologi komputer, tetapi juga termasuk teknologi telekomunikasi. Dengan
kata lain bahwa teknologi informasi merupakan hasil konvergensi antara
teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi. Teknologi informasi juga bisa
dikatakan sebagai pemamfaatan teknologi untuk mengolah dan memperoleh
informasi.
PERKEMBANGAN
TEKNOLOGI INFORMASI
Information
technology has been around for a long, long time. Basically as long as people
have been around, information technology has been around because there were
always ways of communicating through technology available at that point in
time. There are 4 main ages that divide up the history of information
technology. Only the latest age (electronic) and some of the electromechanical
age really affects us today, but it is important to learn about how we got to
the point we are at with technology today.
Pra
Sejarah
The premechanical age is the
earliest age of information technology. It can be defined as the time between
3000B.C. and 1450A.D. We are talking about a long time ago. When humans first
started communicating they would try to use language or simple picture drawings
known as petroglyths which were usually carved in rock. Early alphabets were
developed such as the Phoenician alphabet.
Pada zaman ini, teknologi informasi
dan komunikasi yang dilakukan oleh manusia berfungsi sebagai sistem untuk
pengenalan bentuk-bentuk yang manusia kenal. Untuk menggambarkan informasi yang
diperoleh, mereka menggambarkannya pada dinding-dinding gua tentang berburu dan
binatang buruannya. Pada masa ini, manusia mulai mengidentifikasi benda-benda
yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal mereka, kemudian melukiskannya
pada dinding gua tempat tinggalnya. Awal komunikasi mereka pada zaman ini hanya
berkisar pada bentuk suara dengusan dan menggunakan isyarat tangan.
Pada zaman prasejarah mulai
diciptakan dan digunakan alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti
gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, dan isyarat asap sebagai
alat pemberi peringatan terhadap bahaya.
a. 3000
SM
Untuk
yang pertama kali, tulisan digunakan oleh bangsa Sumeria dengan menggunakan
simbol-simbol yang dibentuk dari piktografi
sebagai huruf.
b.
Pada 2900 SM, bangsa Mesir Kuno
menggunakan huruf hieroglif.
c.
500 SM
Pada 500 SM, manusia sudah mengenal cara membuat serat dari
pohon papyrus yang tumbuh di sekitar sungai Nil.
d. 105
M
Pada masa ini, bangsa Cina berhasil
menemukan kertas.
Masa Modern (1400 M s.d. Sekarang)
a. Tahun
1455
Pada 1455, untuk pertama kalinya Johann
Gutenberg mengembangkan mesin cetak dengan menggunakan plat huruf yang
terbuat dari besi dan dapat diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu.
b. Tahun
1830
Augusta
Lady Byron menulis program komputer yang pertama di dunia. Ia
bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan mesin analytical
yang didesain sehingga mampu memasukkan data, mengolah data, dan menghasilkan
bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer
digital yang pertama, walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada
bersifat digital.
c. Tahun
1837
Telegraf dan Penemunya (Samuel Morse)
Samuel
Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode morse
bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone. Morse
menggunakan kode-kode sederhana untuk mewakili pesan-pesan yang ingin
dikirimkan dengan menggunakan pulsa listrik melalui kabel tunggal. d. Tahun
1877
d. Pada
1877, Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon yang
dipergunakan pertama kali secara umum.
e. Tahun
1889
Pada
1889, Herman Hollerith menerapkan prinsip kartu perforasi untuk
melakukan penghitungan. Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan
data sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Sebuah
kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel. Dengan menggunakan alat tersebut,
hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu. Selain memiliki
keuntungan dalam bidang kecepatan, kartu tersebut berfungsi sebagai media
penyimpan data. Tingkat kesalahan perhitungan juga dapat ditekan secara
drastis.
f. Tahun
1931
Pada 1931, Vannevar Bush membuat
sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial.
g. Tahun
1939
Pada
1939, Dr. John V. Atanasoff dan dibantu oleh Clifford Berry
berhasil menciptakan komputer elektronik digital pertama.
h. Tahun
1973 – 1990
Pada
masa ini, istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper tentang
TCP/IP. Secara harfiah, internet (interconnected networking) diartikan
sebagai rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian.
Rangkaian pusat yang membentuk internet diawali pada 1969 sebagai ARPANET
yang dibangun oleh ARPA (United States Department of Defense Advanced
Research Projects Agency). Beberapa penyelidikan awal yang disumbang oleh
ARPANET di antaranya adalah kaedah rangkaian tanpa pusat (decentralised
network), teori queueing, dan kaedah pertukaran paket (packet
switching).
i.
Pada 1981, National Science
Foundation mengembangkan backbone yang disebut CSNET dengan
kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan.
j.
Pada 1 Januari 1983, ARPANET menukar
protokol rangkaian pusatnya, dari NCP ke TCP/IP. Ini merupakan awal dari
Internet yang kita kenal sekarang. Kemudian pada 1986, IETF
mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi di antara
DARPA, ARPANET, DDN, dan Internet Gateway. Pada 1990-an, internet telah
berkembang dan menyambungkan banyak pengguna jaringan-jaringan komputer yang
ada.
Tahun 1991 – Sekarang
Sistem bisnis dalam bidang IT
pertama kali terjadi ketika CERN memungut bayaran dari para anggotanya
untuk menanggulangi biaya operasionalnya. Pada 1992, mulai terbentuk komunitas
internet dan diperkenalkannya istilah World Wide Web (www) oleh CERN.
Pada 1993, NSF membentuk InterNIC untuk menyediakan jasa pelayanan
internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T),
jasa registrasi (oleh Network Solution Inc), dan jasa informasi (oleh General
Atomics/CERFnet). Pada 1994, pertumbuhan internet melaju dengan
sangat cepat dan mulai merambah ke dalam berbagai segi kehidupan manusia dan
menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. Pada 1995, perusahaan
umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di backbone.
Langkah ini memulai pengembangan teknologi informasi, khususnya internet dan
penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.
JAWABAN
UTS NO 2
Menurut pendapat
saya pemamfaatan TI dalam kegiatan pembelajaran sangat membantu sekali. Dengan
memamfaatkan teknologi informasi seorang guru akan mudah dalam memberikan
pembelajaran kepada peserta didik. Selain itu juga akan menambah pengalaman
siswa dalam belajar. Karena pada prinsipnya pembelajaran merupakan pemberian
informasi kepada peserta didik. Karena adanya beberapa masalah dalam proses
tersebut seperti kurangnya minat belajar. Dengan memamfaatkan TI dalam proses
pembelajaran akan meningkatkan minat belajar peserta didik. Selain itu dengan
menggunakan TI dalam proses pembelajaran, proses pembelajaran akan lebih
efektif dan efisien.
JAWABAN UTS NO 3
Karena pada hakikatnya manusia
merupakan mahkluk sosial secara otomatis manusia akan terus berhubungan satu
sama lain. Dalam berhubungan pada prinsipnya manusia akan bertukar informasi,
baik berupa verbal ataupun non verbal. Karena teknologi informasi merupakan
penggunaan teknologi dalam berkomunikasi. Maka dari itu secara tidak langsung
manusia sebagai mahluk sosial akan terus memamfaatkan perkembangan teknologi
untuk berkomunikasi. Karena pada hakikatnya manusia akan sangat senang dengan
hal-hal yang praktis. Sehingga secara tidak langsung perkembangan teknologi
informasi akan mempengaruhi terhadap budaya bahkan nilai moral. Tetapi itu
semua sebenarnya tidak akan menjadi masalah apabila kita sebagai pengguna
teknologi itu tau dan memahami arti teknologi yang kita gunakan itu secara
tepat guna. Karena tak dapat dipungkiri perkembangan TI akan memberikan dampak
yang negatif dan dampak yang positif. Oleh karena itu untuk mengatasinya kita
harus benar-benar memahami dan mengetahui perkembangan teknologi itu secara
tepat guna.
JAWABAN
UTS NO 4
Pengertian dari hardware atau dalam
bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah
satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba
secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung
proses komputerisasi. Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah
ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah
instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware
tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah
ditentukan oleh pemberi perintah.
Berdasarkan fungsinya, perangkat
keras komputer dibagi menjadi :
1. Input divice (unit masukan) unit ini
berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan
processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Contohnya
keyboard, mouse, touchpad, joystick, barcode, scanner, microphone.
2. Process device (unit Pemrosesan) contohnya CPU, Processor.3. Output device (unit keluaran) Contohnya printer, Speaker, monitor/LCD, Projektor.
5. Periferal (unit tambahan) contohnya PGA card, sound card.
JAWABAN
UTS NO 5
Dalam
menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari saya sangatlah bermamfaat bagi
saya. Apalagi saya sebagai guru dengan gampang akan mudah mendapatkan tambahan
materi pembelajaran. Internet juga menyediakan gambar-gambar yang diperlukan
dalam pembelajaran, sehingga akan mengatasi keterbatasa pengalaman siswa. Banyak
pelajaran yang bisa saya ambil dengan menggunakan internet, selain untuk
berkomunikasi, bisnis, ataupun untuk mencari informasi saya juga bisa
menggunakan internet untuk proses pembelajaran. Dengan memberdayakan email,
facebook, dan media sosial lainya bisa meningkatkan motivasi belajar siswa. Apalagi
saya sering menggunakan facebook dan email untuk mengirim tugas rumah atau PR. Sehingga
para siswa tidak hanya menggunakan internet dan media sosial lainya untuk
bermain saja, tetapi juga untuk belajar. Pada akhirnya internet memberikan
kemudahan dalam belajar, sehingga kita juga bisa belajar meskipun berjauhan
(pembelajaran jarak jauh).
Komentar
Posting Komentar