JAWABAN UTS TEKNOLOGI INFORMASI




JAWABAN UTS NO 1
PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI
IT (information technology) is a term that encompasses all forms of technology used to create, store, exchange, and use information in its various forms (business data, voice conversations, still images, motion pictures, multimedia presentations, and other forms, including those not yet conceived). It's a convenient term for including both telephony and computer technology in the same word. It is the technology that is driving what has often been called "the information revolution."
Teknologi informasi (Information Technology) biasa disingkat TI, IT atau infotech. Dalam Oxford English Dictionary (OED2) edisi ke-2 mendefenisikan teknologi informasi adalah hardware dan software, dan bisa termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalam konteks bisnis atau usaha. Menurut Haag dan Keen (1996), Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi. Menurut Martin (1999), Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi computer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim informasi. Sementara Williams dan Sawyer (2003), mengungkapkan bahwa teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.
Dari defenisi di atas, nampak bahwa Dari defenisi di atas, nampak bahwa teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer, tetapi juga termasuk teknologi telekomunikasi. Dengan kata lain bahwa teknologi informasi merupakan hasil konvergensi antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi. Teknologi informasi juga bisa dikatakan sebagai pemamfaatan teknologi untuk mengolah dan memperoleh informasi.
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI
            Information technology has been around for a long, long time. Basically as long as people have been around, information technology has been around because there were always ways of communicating through technology available at that point in time. There are 4 main ages that divide up the history of information technology. Only the latest age (electronic) and some of the electromechanical age really affects us today, but it is important to learn about how we got to the point we are at with technology today.
Pra Sejarah
The premechanical age is the earliest age of information technology. It can be defined as the time between 3000B.C. and 1450A.D. We are talking about a long time ago. When humans first started communicating they would try to use language or simple picture drawings known as petroglyths which were usually carved in rock. Early alphabets were developed such as the Phoenician alphabet. 
Pada zaman ini, teknologi informasi dan komunikasi yang dilakukan oleh manusia berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang manusia kenal. Untuk menggambarkan informasi yang diperoleh, mereka menggambarkannya pada dinding-dinding gua tentang berburu dan binatang buruannya. Pada masa ini, manusia mulai mengidentifikasi benda-benda yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal mereka, kemudian melukiskannya pada dinding gua tempat tinggalnya. Awal komunikasi mereka pada zaman ini hanya berkisar pada bentuk suara dengusan dan menggunakan isyarat tangan.
Pada zaman prasejarah mulai diciptakan dan digunakan alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, dan isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya.
a.       3000 SM
Untuk yang pertama kali, tulisan digunakan oleh bangsa Sumeria dengan menggunakan simbol-simbol yang dibentuk dari piktografi sebagai huruf.
b.      Pada 2900 SM, bangsa Mesir Kuno menggunakan huruf hieroglif.
c.       500 SM
Pada 500 SM, manusia sudah mengenal cara membuat serat dari pohon papyrus yang tumbuh di sekitar sungai Nil.
d.      105 M
Pada masa ini, bangsa Cina berhasil menemukan kertas.
Masa Modern (1400 M s.d. Sekarang)
a.       Tahun 1455
Pada 1455, untuk pertama kalinya Johann Gutenberg mengembangkan mesin cetak dengan menggunakan plat huruf yang terbuat dari besi dan dapat diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu.
b.      Tahun 1830
Augusta Lady Byron menulis program komputer yang pertama di dunia. Ia bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan mesin analytical yang didesain sehingga mampu memasukkan data, mengolah data, dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama, walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital.
c.       Tahun 1837
Telegraf dan Penemunya (Samuel Morse)
Samuel Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone. Morse menggunakan kode-kode sederhana untuk mewakili pesan-pesan yang ingin dikirimkan dengan menggunakan pulsa listrik melalui kabel tunggal. d. Tahun 1877
d.      Pada 1877, Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon yang dipergunakan pertama kali secara umum.
e.       Tahun 1889
Pada 1889, Herman Hollerith menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel. Dengan menggunakan alat tersebut, hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu. Selain memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan, kartu tersebut berfungsi sebagai media penyimpan data. Tingkat kesalahan perhitungan juga dapat ditekan secara drastis.
f.       Tahun 1931
Pada 1931, Vannevar Bush membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial.

g.      Tahun 1939
Pada 1939, Dr. John V. Atanasoff dan dibantu oleh Clifford Berry berhasil menciptakan komputer elektronik digital pertama.
h.      Tahun 1973 – 1990
Pada masa ini, istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper tentang TCP/IP. Secara harfiah, internet (interconnected networking) diartikan sebagai rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Rangkaian pusat yang membentuk internet diawali pada 1969 sebagai ARPANET yang dibangun oleh ARPA (United States Department of Defense Advanced Research Projects Agency). Beberapa penyelidikan awal yang disumbang oleh ARPANET di antaranya adalah kaedah rangkaian tanpa pusat (decentralised network), teori queueing, dan kaedah pertukaran paket (packet switching).
i.        Pada 1981, National Science Foundation mengembangkan backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan.
j.        Pada 1 Januari 1983, ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya, dari NCP ke TCP/IP. Ini merupakan awal dari Internet yang kita kenal sekarang. Kemudian pada 1986, IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi di antara DARPA, ARPANET, DDN, dan Internet Gateway. Pada 1990-an, internet telah berkembang dan menyambungkan banyak pengguna jaringan-jaringan komputer yang ada.
Tahun 1991 – Sekarang
Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN memungut bayaran dari para anggotanya untuk menanggulangi biaya operasionalnya. Pada 1992, mulai terbentuk komunitas internet dan diperkenalkannya istilah World Wide Web (www) oleh CERN. Pada 1993, NSF membentuk InterNIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T), jasa registrasi (oleh Network Solution Inc), dan jasa informasi (oleh General Atomics/CERFnet). Pada 1994, pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah ke dalam berbagai segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. Pada 1995, perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di backbone. Langkah ini memulai pengembangan teknologi informasi, khususnya internet dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.
JAWABAN UTS NO 2
            Menurut pendapat saya pemamfaatan TI dalam kegiatan pembelajaran sangat membantu sekali. Dengan memamfaatkan teknologi informasi seorang guru akan mudah dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didik. Selain itu juga akan menambah pengalaman siswa dalam belajar. Karena pada prinsipnya pembelajaran merupakan pemberian informasi kepada peserta didik. Karena adanya beberapa masalah dalam proses tersebut seperti kurangnya minat belajar. Dengan memamfaatkan TI dalam proses pembelajaran akan meningkatkan minat belajar peserta didik. Selain itu dengan menggunakan TI dalam proses pembelajaran, proses pembelajaran akan lebih efektif dan efisien.
 JAWABAN UTS NO 3
Karena pada hakikatnya manusia merupakan mahkluk sosial secara otomatis manusia akan terus berhubungan satu sama lain. Dalam berhubungan pada prinsipnya manusia akan bertukar informasi, baik berupa verbal ataupun non verbal. Karena teknologi informasi merupakan penggunaan teknologi dalam berkomunikasi. Maka dari itu secara tidak langsung manusia sebagai mahluk sosial akan terus memamfaatkan perkembangan teknologi untuk berkomunikasi. Karena pada hakikatnya manusia akan sangat senang dengan hal-hal yang praktis. Sehingga secara tidak langsung perkembangan teknologi informasi akan mempengaruhi terhadap budaya bahkan nilai moral. Tetapi itu semua sebenarnya tidak akan menjadi masalah apabila kita sebagai pengguna teknologi itu tau dan memahami arti teknologi yang kita gunakan itu secara tepat guna. Karena tak dapat dipungkiri perkembangan TI akan memberikan dampak yang negatif dan dampak yang positif. Oleh karena itu untuk mengatasinya kita harus benar-benar memahami dan mengetahui perkembangan teknologi itu secara tepat guna.
JAWABAN UTS NO 4
Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1. Input divice (unit masukan) unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Contohnya keyboard, mouse, touchpad, joystick, barcode, scanner, microphone.
2. Process device (unit Pemrosesan) contohnya CPU, Processor.

3. Output device (unit keluaran) Contohnya printer, Speaker, monitor/LCD, Projektor.



4. Backing Storage ( unit penyimpanan) Contohnya Hardisk, Plopy disk, Cd/DVD, Flashdisk.
5. Periferal (unit tambahan) contohnya PGA card, sound card.

JAWABAN UTS NO 5
            Dalam menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari saya sangatlah bermamfaat bagi saya. Apalagi saya sebagai guru dengan gampang akan mudah mendapatkan tambahan materi pembelajaran. Internet juga menyediakan gambar-gambar yang diperlukan dalam pembelajaran, sehingga akan mengatasi keterbatasa pengalaman siswa. Banyak pelajaran yang bisa saya ambil dengan menggunakan internet, selain untuk berkomunikasi, bisnis, ataupun untuk mencari informasi saya juga bisa menggunakan internet untuk proses pembelajaran. Dengan memberdayakan email, facebook, dan media sosial lainya bisa meningkatkan motivasi belajar siswa. Apalagi saya sering menggunakan facebook dan email untuk mengirim tugas rumah atau PR. Sehingga para siswa tidak hanya menggunakan internet dan media sosial lainya untuk bermain saja, tetapi juga untuk belajar. Pada akhirnya internet memberikan kemudahan dalam belajar, sehingga kita juga bisa belajar meskipun berjauhan (pembelajaran jarak jauh).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Digitizer (Input Device)

Model Desain Pembelajaran Addie

Salon Computer Maintanance