Mamfaat Penggunaan MPI Terhadap Pelajaran Bahasa Inggris
Pembelajaran
bahasa adalah sebuah peroses yang komples dengan berbagai fenomena yang felik
sehingga tidak mengherankan kalau hal in bisa mempunyai arti yang berbeda-beda
bagi setiap orang. Pada proses pembelajaran baik pembelajaran bahasa ataupun
yang lainya, dipengaruhi beberapa factor. Faktor-faktor erat utama yang
berkaitan dengan pembelajaran bahasa adalah bahasa pembelajar, factor external
pembelajar, factor internal pembelajar dan pembelajar sebagai individu.
Faktor
diluar ataupun di dalam pembelajar tersendiri adalah aspek yang tidak kalah
pentingnya untuk dapat memahami pemahaman bahasa. Factor di luar pembelajaran
misalnya adalah lingkungan dan interaksi. Dua factor ini sangat mempengaruhi
perkembangan pemerolehan bahasa. Sedangkan factor internal bisa berupa motivasi
belajar, pengaruh bahasa pertama dll. Menggunakan MPI (Multimedia Pembelajaran
Interaktif) dalam Proses pembelajaran bahasa terutama bahasa inggris mempunyai
pengaruh yang sangat besar baik dalam minat belajar ataupun hasil belajar
bahkan kemampuan atau keterampilan berbahasa. Beberapa Mamfaat Penggunaan MPI
dalam proses pembelajaran bahasa yang diambil dari beberapa jurnal penelitian
diantaranya:
1.
“At present multimedia is part and
parcel of FLT since it has a positive effect on the development of L2 language
acquisition. Nevertheless, although multimedia is a good teaching resource/aid,
it must be carefully chosen to suit a particular teaching situation and to meet
specific needs of students because not all kinds of multimedia are relevant for
teaching or learning situations” (Blanka,
2013,119). Dari Jurnal yang berjudul Multimedia in the Teaching of Foreign
Languages Penulis Blanka Frydrychová Klímová, University of Hradec Králové,
Czech Republic. Menyimpulkan Bahwa Multimedia dalam pembelajaran Bahasa Inggris
Sebagai Bahasa Asing mempunyai dampak yang positif dalam meningkatkan kemahiran
berbahasa Inggris.
2.
“The results of the study presented here
indicate that appropriately constructed CBIM instructional material with
embedded relevance enhancement can benefit EFL students’ learning. The results
also show that a higher level of intrinsic motivation benefits learning”
(Chang-mei, 2002: 95). Dari jurnal yang berjudul LearningForeign Language
through an Interactive Multimedia Program: An Experimental Study on the Effects
of the Relevance Component of the ARCS Model Penulis MEI-MEI CHANG dari National Pingtung University
of Science and Technology. Menyimpulkan
bahwa pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing dengan Menggunakan
Multimedia Pembelajaran Interaktif dapat Meningkatkan Motivasi belajar siswa,
bahkan hasilnya menujukan peningkatan motivasi belajar yang begitu baik.
3. “Multimedia
instruction creates the opportunity for learners to improve their learning
effectively” (Abbas, 2012:64). Dari jurnal penelitian yang berjudul The Significant Role
of Multimedia in Motivating EFL Learners’ Interest in English Language Learning
Penulis Abbas
Pourhosein Gilakjani dari Department of English Language Translation, Lahijan Branch, Islamic
Azad University, Lahijan, Iran. Menyimpulkan bahwa Menggunakan MPI dalam
Pembelajaran Bahasa Ingrris dapat Menciptakan kesempatan bagi peserta didik
untuk memperbaiki atau mengeksplore kemampuanya dengan secara sefektif.
4.
“This research
has proven that using technology in class can be a highly motivating factor for
students” (Bouzar dkk, 2012:78). Berdasarkan Jurnal Penelitian yang berjudul
Using Multimedia to Motivate Students in EFL Classrooms: A Case Study of
English Master’s Students at Jijel University, Algeria Penulis: Bouzar Mohammed Amine, Chellali
Benachaiba and Boutkhil Guemide University
of Béchar andUniversité Med Seddik Benyahia, Algeria. Menyimpulkan bahwa Dengan
Menggunakan MPI di dalam kelas Pelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing
maka akan meningkatkan Motivasi atau minat belajar siswa yang sangat tinggi.
5. “As a result, multimedia technology plays an
important role in English teaching” (Jun Xu, 2010:115). Dari Jurnal Penelitian
yang berjudul On
The Problems and Strategies of Multimedia Technology in English Teaching Penulis:
Jun Xu Dari Department of Foreign Language, Dezhou University, Dezhou, China. Menyimpulkan
bahwa Multimedia dalam pembelajaran bahasa inggris memerankan peran yang sangat
penting dan esensial.
References:
Amine, B.M, Benachaiba, C, and
Guemide, B. (2012). “Using Multimedia to Motivate Students in EFL
Classrooms”. Malaysian
Journal of Distance Education 14(2), 63−81.
Chang, M.M. (2002). “LearningForeign
Language through an Interactive Multimedia Program”. CALICO Journal,
20 (1), p-p 81-98.
Gilakjani, A.P. (2012). “The Significant Role
of Multimedia in Motivating EFL Learners’ Interest in English Language Learning”. I.J.Modern Education and Computer Science, 4, 57-66.
Klimova,
B.F. (2013). “Multimedia in the Teaching of Foreign Languages”. Journal of Language and Cultural Education
(2013), 1.1 ISSN 1339-4045.
Stemler,
L.K. (1997). “ Educational Characteristic of Multimedia”. Jl. of Educational
Multimedia and Hypermedia (1997) 6(3/4), 339 359.
Xu, J. (2010). “On
The Problems and Strategies of Multimedia Technology in English Teaching”. Journal
of Language Teaching and Research, Vol. 1, No. 3, pp. 215-218
Komentar
Posting Komentar